Iblis Menjerit Sangat Keras ketika Datang 5 Peristiwa ini

Pintuislami.com - Peristiwa yang membuat iblis menangis keras. Seperti yang kita ketahui, iblis adalah makhluk ciptaan Allah SWT yang dikutuk. Iblis diciptakan dari api, dan iblis pun sejak zaman Nabi Adam tidak pernah suka terhadap manusia. Itu sebabnya iblis selalu menggoda manusia agar masuk ke jalan iblis yang tersesat.
Iblis Menjerit Sangat Keras ketika Datang 5 Peristiwa ini
Iblis Menjerit Sangat Keras ketika Datang 5 Peristiwa ini

Pada saat Nabi Adam berada di surga, Allah Swt memerintahkan malaikat dan iblis untuk bersujud kepada Nabi Adam As, sebagai penghormatan, bukan penyembahan. Semua malaikat menuruti apa yang telah diperintah Allah, sedangkan semua iblis mengingkarinya. Mengapa demikian? Karena iblis merasa dirinya yang lebih tinggi drajatnya, karena iblis diciptakan dari api, sedangkan Nabi Adam diciptakan dari tanah. Itu sebabnya iblis sangat membenci Nabi Adam dan keturunannya.

Rasa benci yang dimiliki iblis terhadap manusia dikeluarkannya dengan cara membodohi manusia, menyesatkan manusia, dan membuat antar manusia saling membenci. Jika usahanya berhasil, maka iblis akan senang, namun jika tidak, iblis akan terus menggoda. Namun disamping iblis senang dan gembira, mereka juga akan menangis dan menjerit karena beberapa hal yang terjadi di dunia ini. Apa yang dimaksudkan hal tersebut?

# Dalam kitab Al Jami' Li Ahkam karya Imam Al Qurthubi dijelaskan bahwa ada 3 hal yang menyebabkan iblis menjerit dan menangis dengan keras

1. Ketika Nabi Muhammad SAW dilahirkan di dunia

Rasulullah SAW dalah makhluk yang paling mulia se jagad raya. Karena berkat bimbingan Beliau, Orang yang tadinya memiliki dosa sebesar tumpukan gunung, bisa terhapus bersih hanya dengan ucapan kalimat syahadat.

Ketika Rasulullah SAW dilahirkan, terpancarkan cahaya yang terangnya luar biasa di bumi, dan tepatnya di tempat dilahirkannya Rasulullah. Ketika itu pula para iblis menangis dan menjerit sangat keras.

2. Ketika surat Al-Fatihah diturunkan

Surat Al-Fatihah yaitu surat yang paling afdhol di dalam Al-Qur'an. Ketika surat tersebut diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad melalui Malaikat Jibril, ketika itu pula iblis menjerit sangat keras. Bukan hanya saat diturunkan saja, saat kita membaca surat Al-Fatihah dengan khusyuk pun akan membuat iblis menjerit kepanasan. Jadi dimanapun dan kapanpun surat al fatihah dibaca, iblis laknatullah akan menjerit dan menangis.

3. Ketika orang mukmin mengucapkan salam

Ucapan salam juga bisa membuat iblis menangis keras. Ya, maka biasakanlah mengucapkan salam terhadap sesama orang muslim. Seperti yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas ra, "Sesungguhnya iblis yang terkutuk itu akan menangis pada saat seorang mukmin bersalam dan dia (iblis) berkata, "Aduh, celakanya, kedua mukmin itu tidak akan berpisah melainkan akan diampuni dosa-dosanya"."

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda, ..

"Orang yang berkendaraan hendaklah memberi salam kepada orang yang berjalan kaki, orang yang berjalan kaki hendaklah memberi salam kepada orang yang duduk, dan orang yang sedikit hendaklah memberi salam kepada orang yang banyak."

Maka biasakanlah mengucapkan salam kepada sesama muslim, dimanapun dan kapanpun Rasulullah selalu menekankan kepada semua umatnya agar selalu mengucapkan salam apabila bertemu sesamanya.

#Dalam kitab tafsirnya, Imam Baqi bin Mukhallad meriwayatkan ada 4 peristiwa yang membuat iblis menjerit penuh ketakutan dan putus asa


1. Ketika dilaknat Allah SWT

Seperti yang telah disinggung penjelasannya di atas, bahwa iblis adalah makhluk yang dilaknat Allah SWT sejak setelah iblis menolak untuk bersujud kepada Nabi Adam. Pada saat itu, Allah memerintahkan Malaikat dan Iblis untuk bersujud kepada Nabi Adam sebagai penghormatan. Akan tetapi iblis menolaknya. Itu sebabnya Allah melaknat iblis. Ketika itu pula iblis menangis dan menjerit sangat keras.

2. Ketika mereka diturunkan dari surga-Nya

Nah, setelah iblis dilaknat Allah SWT, iblis akhirnya diturunkan dari surga karena tidak mau memperbaiki kesalahannya yang enggan bersujud kepada Nabi Adam sebagai penghormatan. Iblis menjerit sangat keras ketika Allah menurunkan mereka dari surgaNya ke bumi.

3. Ketika Nabi Muhammad SAW dilahirkan

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa iblis menjerit dan menangis sangat keras ketika Nabi Muhammad dilahirkan di dunia. Karena pada saat itu terpancarkan cahaya yang begitu terang di bumi, yaitu pada titik dimana Rasulullah dilahirkan.

4. Ketika Surat Al-Fatihah diturunkan

Sama halnya seperti poin di atas, telah dijelaskan bahwa iblis juga menjerit dan menangis sangat keras ketika surat al-fatihah diturunkan ke bumi sebagai wahyu yang dibawakan malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW.

Itulah beberapa peristiwa yang membuat iblis menangis dan menjerit keras. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih telah berkunjung dan membaca.

Sumber:
- kisahikmah.com
- kisahislamiah.blogspot.co.id


0 comments