Bacalah Doa ini ketika Bayi Masih dalam Kandungan

Pintuislami.com - Doa yang dibaca ketika bayi masih dalam kandungan. Setiap keluarga pasti ingin memiliki keturunan, dan tentunya keturunan yang sholeh dan sholehah. Nah, untuk bisa memiliki keturunan, tentu harus melalui proses kehamilan. Kehamilan inilah yang nantinya akan membuahkan hasil berupa anak.

Bacalah Doa ini ketika Bayi Masih dalam Kandungan
Doa ketika Bayi Masih dalam Kandungan
 
Berbicara mengenai kehamilan, kehamilan itu sendiri merupakan prosesi alamiah yang didambakan setiap pasangan suami istri agar memiliki keturunan dalam kehidupan rumah tangganya. Nah, dari adanya proses kehamilan, tentu yang menjadi tujuan itu semua adalah untuk melahirkan generasi penerus yang sholeh dan sholehah, berbakti kepada kedua orang tua, dan memiliki daya guna bagi agama, bangsa, dan orang-orang di sekitar.

Untuk mencapai tujuan yang sangat mulia tersebut, ada bacaan doa yang bisa diamalkan bagi ibu yang sedang dalam masa kehamilan. Ibu yang sedang hamil dianjurkan untuk membaca doa sebagai berikut:

وَاللهُ أَخْرَجَكُمْ مِنْ بُطُونِ أُمَّهَاتِكُمْ تَارَةً أُخْرَى 

"Dan Allah mengeluarkan kalian dari perut ibu-ibu kalian pada kesempatan yang lain (persalinan)."

Sedangkan bagi ayah, dianjurkan untuk mengamalkan beberapa bacaan surat dalam Al Qur'an dan juga bacaan doa. Berikut ini daftar surat dan do'a yang dianjurkan untuk dibaca ayah saat sang suami sedang hamil:

1. Membaca Surat Al-Fatihah 

Surat Al-Fatihah ini dibaca 7x setiap ba'da sholat subuh (setelah shalat subuh), lalu tiupkan pada perut ibu yang sedang hamil.

2. Membaca surat Al-Hasyr (Alam Nasyroh)

Surat Al Hasyr ini dibaca 7x setiap ba'da sholat maghrib (Setelah shalat maghrib), lalu tiupkan pada perut ibu yang sedang hamil.

3. Memperbanyak membaca berdoa di bawah ini:


اللهم احْفَظْ وَلَدِي مَادَامَ فِى بَطْنِ زَوْجَتِي وَاشْفِهِ أَنْتَ الشَّافِى لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَآؤُكَ شِفَآءً لآيُغَادِرُ سَقَمًا اللهم صَوِّرْهُ فِي بَطْنِ زَوْحَتِي صُوْرَةً حَسَنَةً وَثَبِّتْ قَلْبَهُ إِيْمَانًا بِكَ وَبِرَسُوْلِكَ اللهم أَخْرِجْهُ مِنْ بَطْنِ زَوْجَتِي وَقْتَ وِلَادَتِهَا سَهْلًا وَتَسْلِيْمًا اللهم اجْعَلْهُ صَحِيْحًا كَامِلًا وَعَاقِلًا حَاذِقًا عَالِمًا عَامِلًا اللهم طَوِّلْ عُمُرَهُ وَصَحِّحْ جَسَدَهُ وَحَسِّنْ خُلُقَهُ وَأَفْصِحْ لِسَانَهُ وَأَحْسِنْ صَوْتَهُ لِقِرَاءَةِ الْحَدِيْثِ وَالْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ بِبَرَكَةِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

"Ya Allah, jagalah anakku ini selama ia masih berada dalam perut istriku, sehatkanlah ia, sesungguhnya Engkau Yang Maha Menyehatkan, tak ada kesehatan kecuali kesehatan dari-Mu ya Allah, kesehatan yang tak terganggu penyakit. Ya Allah, bentuklah ia yang ada di perut istriku dalam rupa yang baik, tetapkan dalam hatinya keimanan pada-Mu dan pada Rasul-Mu ya Allah. Ya Allah, keluarkan dia dari perut istriku pada saat kelahirannya secara mudah dan diberi keselamatan. Ya Allah, jadikan ia dalam kelahiran yang utuh, sempurna, berakal, cerdas, dan banyak beramal. Ya Allah, panjangkan umurnya, sehatkan jasadnya, baguskan rupanya, dan fasihkan lisannya untuk membaca hadits dan Al-Qur’an Yang Agung, dengan berkah Nabi Muhammad SAW. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta Alam."

Amalan ini merupakan karya Lajnah Ta’lif Pustaka Gerbang Lama, Pondok Pesantren Lirboyo, dalam buku Menembus Gerbang Langit; Kumpulan Doa Salafus Shalih, 2010 (Kediri: Pustaka Gerbang Lama), hal. 118 telah merangkumkan untuk kita beberapa wiridan dan doa seputar kehamilan.

Silahkan diamalkan dengan hati yang penuh kasih sayang dan keikhlasan serta menyerahkan semuanya hanya kepada Allah SWT saja. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih telah berkunjung dan membaca.

Sumber: Nu.or.id


0 komentar