5 Manfaat Silaturrahim yang Sangat Luar Biasa

Pintuislami.com - Manfaat silaturrahim. Seperti yang telah kita ketahui, sesama orang muslim memang harus menjaga tali silaturrahim satu sama lain, harus saling menjaga hubungan baik, dan menjaga tali persaudaraan dengan baik. Mengapa harus demikian, tujuannya tak lain agar tercipta hubungan sesama muslim yang baik dan saling menyayangi.

5 Manfaat Silaturrahim yang Sangat Luar Biasa
Manfaat Silaturrahim yang Sangat Luar Biasa

Berbicara mengenai silaturrahim, sebenarnya menjaga silaturrahim kepada sesama muslim manfaatnya sangatlah banyak sob. Bahkan ada yang mengatakan bahwa "kalau ingin sukses, maka jagalah silaturrahim kepada sesama", mengapa silaturrahim dapat mendatangkan kesuksesan? Ya, karena menjaga silaturrahim dapat memperluas dan memperbanyak rizki kita serta mempermudah segala urusan kita. Dengan demikian, peluang untuk sukses akan semakin besar.

Seperti yang telah dijelaskan oleh Rasulullah SAW dalam hadits berikut ini:
"Barang siapa yang senang dipanjangkan umurnya , diluaskan rezekinya, dan dijauhkan dari kematian yang buruk, maka hendaklah bertakwa kepada Allah dan menyambung silaturahmi." (HR Imam Bazar, Imam Hakim)

Dan hadits berikut ini yang diriwayatkan oleh Imam Muslim:
"Barang siapa yang diluaskan rezekinya dan dikenang bekasnya (jasa atau perjuangannya), maka hendaklah ia menyambung silaturahmi." (HR. Muslim)

Berdasarkan dua hadits di atas, sudah sangat jelas kan manfaat dari silaturrahim? Selain itu semua, ada juga manfaat lain dari silaturrahim. Tentu hal ini sangat perlu untuk kita ketahui agar kita bisa mengamalkannya dan memberitahu kepada mereka yang belum tahu. Berikut ini beberapa manfaat dari silaturrahim:

1. Diluaskan, ditambah, dan diberkahkan rizkinya

Silaturrahim kepada kerabat, tetangga, sahabat, teman, atau lainnya, sebenarnya bisa menambah riziki kita. Misalnya, kerabat yang anda kunjungi memiliki suatu usaha, dan anda tidak tahu akan hal itu. Nah, ketika anda mengunjungi kerabat anda tersebut untuk bersilaturrahim, tiba-tiba kerabat anda menawarkan anda untuk bekerja sama dalam membangun usaha. Mungkin saja Allah menjadikan ini sebagai pintu luasnya rizki anda berkat silaturrahim.

"Barang siapa yang ingin diluaskan rezekinya atau ingin dikenang bekasnya (perjuangan atau jasanya), maka hendaklah ia menghubungkan silaturahmi." (HR Muslim)

Dari hadits di atas sudah jelas, bahwa jika kita ingin diluaskan rizkinya oleh Allah, maka kita tidak boleh memutus tali silaturrahim kepada siapapun. Apabila kita menjaga silaturrahim, maka Allah pun akan menjaga dan meluaskan pintu datangnya riziki kita.

2. Merekatkan ukhuwah islamiyah

Sebagai manusia tentu saja kita tidak bisa lepas dari salah dan khilaf. Meski kita tidak menyadarinya, pasti ada beberapa perkataan atau masalah yang menyakiti hati orang lain. Nah, dengan bersilhaturahim akan memberikan manfaat bagi hubungan kekerabatan tersebut. Bersilaturahim akan membantu merekatkan kembali ukhuwah islamiyah dalam hubungan kekerabatan yang akhir-akhir ini pernah pudar.

Karena adanya jarak dan waktu yang memisahkan hubungan, sering kali kita lupa atau bahkan tidak pernah sama sekali menghubungi sahabat atau kerabat. Sehingga tidak tahu seperti apa kabarnya. Untuk itulah manfaat silaturrahim, untuk merekatkan kembali hubungan kita dengan sesama muslim. Seperti yang disampaikan oleh Rasulullah dalam hadits.

"Orang yang menghubungkan silaturahmi bukanlah orang yang membalas hubungan baik. Akan tetapi, orang yang menghubungkan silaturahmi adalah orang yang ketika kekerabatannya diputus, ia menghubungkannya."  (HR Bukhari)

3. Dipanjangkan umurnya

Umur yang panjang merupakan suatu keinginan bagi setiap manusia. Bukan sekedar umur yang panjang saja, akan tetapi panjangnya umur tersebut disertai dengan keberkahan. Maka suatu keberuntungan bagi orang yang mendapatkan hal itu.

Untuk mendapatkan umur yang panjang dan juga berkah, sebenarnya tidak perlu susah payah, kita bisa tetap melangengkan silaturrahim, dengan silaturrahmi insyaallah Allah akan memanjangkan umur kita sekaligus memberikan keberkahan dalam sisa umur kita.

"Belajarlah dari nenek moyangmu bagaimana caranya menghubungkan rahim-rahim itu, karena silaturahmi menimbulkan kecintaan dalam keluarga, meluaskan rezeki, dan menunda kematian." (HR Imam Tirmidzi).

4. Mendapatkan ridho dari Allah SWT

Jika kita ingin mendapatkan keberkahan, kelancaran, dan juga manfaat dari setiap yang kita lakukan, tentu saja kita membutuhkan ridho dari Allah SWT. Apabila Allah tidak meridhoi apapun yang kita lakukan, tentu kita tidak akan mendapatkan keberkahan, bahkan akan mendapatkan kemudlorotan.

Untuk mendapatkan ridho dari Allah, kita perlu menguatkan iman dalam diri masing-masing. Bagi siapapun yang beriman maka jangan putus dari silaturahim. Seperti yang telah dijelaskan dalam hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan Abu Hurairah ra.

"Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah bersilaturahmi" (Muttafaqun ‘alaihi).

5. Menjadikan kunci bisa masuk surga

Surga adalah impian bagi setiap orang. Bahkan orang diluar islam pun menginginkan masuk surga kelak setelah kematian. Namun sebenarnya, surga hanya untuk orang yang islam dan beriman. Jadi, bagi orang yang diluar islam, meskipun menginginkan surga ketika di akhirat kelak, itu tidak mungkin. Karena surga hanya diperuntukan bagi orang yang islam dan beriman.

Untuk bisa masuk surga, ada banyak kunci yang sebenarnya bisa kita pegang, salah satunya yaitu melanggengkan silaturrahim. Seperti yang telah dijelaskan dalam hadits berikut ini:

"Tidak akan masuk syurga orang yang memutuskan hubungan silaturahmi." (HR Imam Muslim).

Itulah beberapa manfaat silaturrahim yang sangat luar biasa. Semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih telah berkunjung dan membaca.


0 komentar