Inilah Ciri-ciri Keluarga yang Harmonis Menurut Islam

Inilah Ciri-ciri Keluarga yang Harmonis Menurut Islam
Potrait Keluarga Harmonis

Pintuislami.com - Ciri keluarga yang harmonis menurut islam. Keluarga adalah salah satu bagian terpenting dalam kehidupan setiap orang. Dan memiliki keluarga yang harmonis adalah dambaan bagi setiap orang. Mungkin yang menjadi pertanyaan banyak orang adalah, seperti apa sebenarnya keluarga yang harmonis dan bahagia itu? Apakah keluarga yang dikelilingi harta kekayaan melimpah? Apakah keluarga yang memiliki suami yang tampan atau istri yang cantik? Atau keluarga yang dikaruniai banyak anak?

Memang semua itu bisa membuat keluarga menjadi bahagia, namun keluarga yang bahagia dan harmonis tidak hanya soal itu saja. Ada banyak hal yang dapat membuat keluarga menjadi bahagia dan berjalan harmonis. Salah satunya adalah keluarga yang selalu diselimuti rasa syukur atas apa yang telah Allah berikan kepada mereka dalam hubungan. Inilah keluarga yang bahagia dan harmonis sesungguhnya.
Berbicara tentang keluarga yang harmonis. Dalam agama islam, keluarga yang harmonis adalah keluarga yang sakinah, mawaddah, wa rohmah. Ya, keluarga yang selalu diselimuti rasa ketenangan, ketentraman, penuh rasa cinta, dan penuh kasih sayang diantara keduanya. Selain itu, ada juga ciri lain yang menunjukkan keluarga tersebut merupakan keluarga yang harmonis. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa ciri keluarga yang harmonis menurut islam:

1. Keluarga yang sakinah

Yang dimaksud keluarga sakinah adalah dimana di dalam anggotanya dapat merasakan ketenangan dan ketentraman. Memang setiap keluarga pasti akan menjumpai konflik dalam hubungan, namun dalam keluarga yang sakinah akan memiliki rasa saling percaya, saling menghargai dan menghormati pasangannya dan saling mengingatkan jika salah satu pihak melakukan suatu salah.

Seperti apa contoh keluarga yang sakinah? Kita bisa mengambil contoh dari keluarga Nabi Muhammad SAQ. Kita bisa mencontoh keluarga beliau dalam membanggun rumah tangga. Dalam kehidupan rumah tangga Nabi Muhammad, Siti Khadijah selalu berusaha memberi ketenangan kepada nabi Muhammad. Dalam kondisi sesulit apa pun, Siti Khadijah selalu mendampingi Beliau dan selalu berusaha menenangkan beliau.

2. Keluarga yang mawaddah

Keluarga yang mawaddah adalah keluarga yang di dalamnya penuh dengan rasa cinta atau rasa saling mencintai. Rasa cinta dan kasih sayang ini akan menjadi pondasi dalam kehidupan keluarga yang harmonis. Oleh sebab itu, jika ingin membangun keluarga yang harmonis, keduanya harus memiliki rasa saling cinta.

Bagaimana cara melakukan atau menunjukkan rasa cinta kita kepada kekasih kita? Yaitu dengan menunjukkan perhatian kita kepadanya. Misalnya, bagi sang istri, di pagi hari menyiapkan sarapan dan minuman hangat. Lalu bagi sang suami, memberikan suatu hal yang disukai oleh sang istri. Itulah salah satu perwujudan rasa cinta masing-masing pasangan dalam kehidupan rumah tangga.

3. Keluarga yang penuh rahmah

Keluarga yang rahmah adalah keluarga yang memiliki kasih sayang di dalamnya. Artinya, keluarga yang memiliki rasa saling menyayangi dan mengasihi. Dengan adanya rasa kasih sayang dan saling mencintai, akan lebih mudah meredakan emosi dan perasaan kesal saat menghadapi sebuah permasalahan dalam biduk rumah tangga, sehingga mereka akan saling berdiskusi untuk menemukan solusi. Permasalahan pun tidak terjadi tidak berlarut-larut. Itulah salah satu ciri keluarga yang harmonis dalam islam.

4. Keduanya saling menjalani kewajiban masing-masing

Keluarga yang harmonis adalah keluarga yang keduanya memiliki rasa saling tanggung jawab. Artinya, keduanya bertanggung jawab menjalankan kewajiban masing-masing. Dengan rasa sadar akan tanggung jawab tersebut, tentu dalam hubungan tidak akan ada perasaan saling menuduh atau sebagainya.

Jadi, dalam keluarga yang harmonis tersebut tidak hanya menyadari masing-masing kewajiban yang dimilikinya, namun juga menjalankannya sesuai dengan apa yang telah menjadi kewajibannya. Akan tetapi bukan berarti menjalankan sendiri-sendiri, keduanya saling membantu dan saling memberikan semangat serta dorongan kasih sayang. Itulah keluarga harmonis.

5. Keduanya saling mencurahkan perhatian

Jika anda ingin tahu keluarga harmonis itu seperti apa. Keluarga harmonis adalah keluarga yang keduanya saling mencurahkan perhatian. Perhatian dalam bentuk apapun, baik itu kata-kata atau ucapan, perbuatan, maupun perhatian lainnya.

Dengan adanya curahan perhatian ini, pasangan pasti akan menyadari akan besarnya rasa cinta kasih yang ada dalam diri kita. Dengan demikian, keharmonisan keluarga akan tetap terjaga dengan baik. Anda bisa memberikan perhatian kepada pasangan anda dalam bentuk apapun, yang terpenting adalah dapat membuat hati pasangan anda merasa senang.

6. Adanya hubungan mesra, saling pengertian, dan tenggang rasa antara suami istri

Dalam hubungan kekeluargaan, seorang suami dituntut untuk lebih bisa bersabar ketimbang istrinya, dimana istri itu lemah secara fisik atau pribadinya. Jangan terlalu keras dalam menegur, memberinya nasihat, dan meluruskannya. Sebab, jika dalam hubungan selalu membawa kekerasan meskipun tidak terlihat secara fisik, maka hal itu akan tetap bisa menghancurkan hubungan.

Rasulullah saw bersabda: "Nasehatilah wanita dengan baik. Sesungguhnya mereka diciptakan dari tulang rusuk, dan bagian yang bengkok dari rusuk adalah bagian atasnya. Seandainya kamu luruskan maka berarti akan mematahkannya. Dan seandainya kamu biarkan maka akan terus saja bengkok, untuk itu nasehatilah dengan baik." (HR Imam al-Bukhari dan Muslim)

Dari hadits di atas, dijelaskan bahwa setiap suami tidak boleh terlalu keras dengan sang istri, begitu juga sebaliknya. Jika terlalu keras dalam meluruskannya, maka akan patah. Artinya, hubungan suami istri pun menjadi kacau. Oleh sebab itu, masing-masing harus menyadari dan bisa memaklumi kelemahan yang lain, dan mesti bersabar untuk menghadapi pasangannya.

Rasulullah saw bersabda: "Sebaik-baik kalian adalah yang terbaik perlakuannya kepada ahli keluarganya" (HR Imam at-Tirmidzi)
Sebaik-baik orang adalah orang yang mau berbuat baik terhadap keluarganya sendiri, mau bersikap adil, selalu memberikan perhatian, pengertian, tenggang rasa, dan juga memberikan kemesraan kepada isrtinya, begitu sebaliknya. Oleh sebab itu, terapkanlah hubungan yang mesra dan saling pengertian, jangan lupa juga untuk selalu tenggang rasa. Itulah hubungan yang harmonis dalam islam.

7. Saling menjaga ibadah satu sama lain

Tujuan dari pernikahan, salah satunya adalah untuk menyempurnakan ibadah kita kepada Allah SWT. Oleh sebab itu, potret keluarga yang harmonis dapat diwujudkan dengan saling menjaga ibadah pasangannya dengan cara saling mengingatkan dalam kebaikan. Ibadah apapun itu harus saling mendukung satu sama lain, harus saling menjaga satu sama lain.

8. Keduanya selalu berhati-hati dalam menjaga hubungan

Dalam hubungan suami istri, tentu keduanya harus saling menjaga hubungan satu sama lain dengan baik. Jikalau ada masalah yang datang dalam hubungan, harus segera diselesaikan dengan tangan dingin, harus segera diselesaikan dengan bermusyawarah, dan jangan pernah mengandalkan ego masing-masing. Keluarga harmonis adalah keluarga yang selalu berhati-hati dalam menjaga hubungan. Menjaga dalam segala hal, misalnya menjaga dari adanya kekerasan fisik, kekerasan hati, dan menjaga dari segala hal yang dilarang oleh Allah dan RasulNya.

9. Dalam kehidupan rumah tangganya tak pernah lupa Bersyukur kepada Allah SWT

Bersyukur adalah salah satu pondasi dalam hubungan keluarga. Ya, setiap ada rizki yang datang, keduanya selalu bersyukur dan bersyukur. Dengan demikian, maka hubungan pun akan selalu berjalan dengan baik tanpa adanya rasa mengeluh dan mengeluh. Bersyukur itu indah. Misal, sang istri selalu mensyukuri apa yang telah didapat suami dari hasil kerja kerasnya, maka tanpa disadari hal ini bisa memunculkan rasa semangat yang tinggi dalam diri sang suami. Bagaimana tidak? Setiap apa yang didapat suami, istri selalu menerimanya dengan senang hati. Maka suami pun akan senang dan akan lebih bersemangat lagi dalam bekerja dan menafkahinya.

Itulah beberapa ciri hubungan keluarga yang harmonis dalam islam. Semoga apa yang ada dalam artikel ini bisa memberikan manfaat baik bagi kita semua. Terima kasih telah berkunjung, dan terima kasih juga telah membaca.

Baca juga: Tips Memilih Kriteria Calon Istri yang Baik dalam Islam


0 komentar