Amalan Agar Bisa Hamil Meski Sudah Divonis Mandul

Pintuislami.com - Amalan agar bisa hamil. Setiap orang pasti ingin memiliki keturunan. Siapapun itu, baik itu pria maupun wanita pasti mencita-citakan agar kelak setelah menikah bisa memiliki keturunan. Hal ini adalah suatu hal yang wajar diharapkan setiap orang. Sebab, dengan adanya keturunan, beban orang tua kelak akan menjadi lebih ringan, baik itu beban di dunia maupun di akhirat. Mengapa demikian?

Amalan Agar Bisa Hamil Meski Sudah Divonis Mandul
Amalan Agar Bisa Hamil

Orang yang memiliki anak atau keturunan, jika orang tersebut mampu mendidik anaknya dengan baik dan akhirnya menjadi anak yang sholeh dan sholehah, maka hal ini akan menjadi suatu keuntungan bagi orang tuanya. Sebab, sang anak insyaallah akan menjadi penyelamat kelak di akhirat. Sebaliknya, jika sang anak tidak dididik dengan baik dan menjadi anak yang bodoh, tidak tahu agama, tidak tahu akhlaq, tidak tahu adab, dan selalu kasar terhadap orang lain, hal ini akan menjadi suatu kerugian bagi orang tua. Sebab, di akhirat nanti sang anak bisa menuntut orang tua karena tidak mendidik anak dengan baik. Bahkan orang tua yang tadinya masuk surga, karena sang anak menuntut maka orang tua pun ikut masuk neraka. Itulah kurang lebihnya penjelasan dari hadits Nabi SAW.

Bagi orang yang sehat tentu tidak menjadi masalah jika ingin memiliki keturunan. Lalu bagaimana dengan orang yang sudah divonis mandul/gabuk? Secara dunia medis atau kedokteran, tentu orang yang sudah divonis mandul tidak akan bisa memiliki anak atau keturunan bukan? Lalu bagaimana jika orang tersebut sangat menginginkan keturunan? Apakah keinginan tersebut akan tetap menjadi keinginan dan tidak bisa terwujudkan? 

Memang menurut ilmu kedokteran, orang yang mandul tidak bisa memiliki keturunan. Namun bagi Allah SWT, semuanya tidak ada yang tidak mungkin. Siti Maryam yang tidak mempunyai suami saja bisa melahirkan Nabi Isa. Sarah (Istri Nabi Ibrahim) yang sudah divonis mandul saja bisa melahirkan Nabi Ismail. Memang kisah itu semua sulit untuk dinalar menggunakan pikiran. Tapi jika Allah menghendaki, semua tidak ada yang tidak mungkin. Yang penting kita harus tetap berikhtiar dan bertawakal kepada Allah.

Contohlah sifat dan sikap dari Nabi Ibrahim, meski istrinya sudah divonis mandul, namun Nabi Ibrahim selalu berdoa dan menyerahkan semuanya kepada Allah. Hal ini digambarkan dalam Al-Qur'an surat Al-Huud ayat 75 mengenai sifat Nabi Irahim.

إِنَّ إِبْرَاهِيمَ لَحَلِيمٌ أَوَّاهٌ مُنِيبٌ
"Sesungguhnya Ibrahim itu benar-benar seorang yang penyantun lagi penghiba dan suka kembali kepada Allah." (QS. Al-Huud : 75)

Dari hadits di atas dijelaskan bahwa Nabi Ibrahim memiliki tiga sifat, yaitu: beliau sangat suka agar hukuman (yang menimpa kaum Luth) ditunda saja, beliau begitu sangat tunduk pada Rabbnya dengan tak pernah putus asa dalam do’a, beliau juga hamba yang terus ingin bertaubat. (Al-Mukhtashar fii At-Tafsir, hlm. 230).

Nah, bagi orang yang sudah divonis mandul oleh dokter, maka jangan langsung putus asa dan menyerah dengan mengorbankan keinginan yang selama ini terpendam. Masih ada harapan bagi orang yang mandul untuk memiliki keturunan. Yakinlah dan serahkan semuanya kepada Allah. Yang penting kita jangan berhenti untuk selalu berdo'a.

Al Habib Umar bin Hafidz
Guru Mulia AlWalid AlHabib Umar bin Hafidz

Bersumber dari Ummi Salim (Istri dari Guru Sayyid Alwalid Al Habib Umar bin Hafidz) Beliau membagikan suatu amalan bagi siapapun yang ingin mengamalkannya, meskipun sudah divonis mandul, dengan mengamalkan amalan ini insyaallah dengan seizin Allah, orang tersebut bisa memiliki keturunan.

Amalan agar memiliki keturunan meski sudah divonis mandul

  1. Bacalah istighfar 10.000 kali setiap hari, selama 1 minggu (boleh dicicil), dengan syarat menghadap kiblat dan dalam keadaan suci (berwudhu').
  2. Bacalah surat al-Fatihah 41 kali, setelah sholat sunah fajar (sebelum sholat subuh) selama 40 hari. Agar bisa genap 40 hari, orang perempuan dianjurkan untuk minum obat penunda haid.

Amalan agar kehamilan kuat dan tidak gugur (dari Guru Mulia Al Habib Umar bin Muhammad bin Hafidz)

Disarankan membaca "Ya Hasiib" 7 kali setelah selesai sholat wajib (sambil mengelus perut).

Adab dan do'a bagi wanita hamil hingga proses melahirkan

1. Adab

Berbicara tentang adab, kita bisa meniru para salafus sholeh yang mendidik anak-anak mereka semenjak dari kandungan dengan cara mengajak istrinya di waktu hamil untuk selalu melakukan amalan-amalan baik seperti membaca Al-Qur'an hingga khatam berkali-kali, bersholawat, berdzikir, dan selalu mendoakan anak yang dikandung dengan harapan supaya anaknya bisa menjadi anak yang sholeh dan sholehah, qurratul 'ain Rasulullah SAW, berbakti kepada orang tuanya, mengikuti jejak para salafussholeh, menjadi orang yang bermanfaat dalam agama untuk dirinya dan umat islam, dll.

2. Do'a untuk wanita hamil

Do'a untuk wanita hamil (dari Habib Abdul Qodir bin Ahmad Assegaf)

Dibaca setiap habis sholat lima waktu

بسم الله الرّحمن الرّحيم

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّد، اللَّهُمَّ احْفَظْ وَلَدِيْ مَا دَامَ فِيْ بَطْنِي وَاشْفِهِ مَعَ أُمَةِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ نَبِيِّكَ وَ رَسُوْلِكَ، أَنْتَ شَافٍ لاَ شِفَاءَ إِلاَّ شِفَاءُكَ شِفَاءً عَاجِلاً لاَيُغَادِرُ سَقَمًا، اللَّهُمَّ صَوِّرْهُ فِيْ بَطْنِيْ صُوْرَةً حَسَنَةً، وَثَبِّتْ قَلْبَهُ إِيْمَانًا بِكَ وَ بِرَسُوْلِكَ، اللَّهُمَّ أَخْرِجْهُ مِنْ بَطْنِيْ وَقْتَ وِلاَدَتِيْ سَهْلاً وَ سَلِيْمًا فِيْ الدُّنْيا و الآخرة، و تقبل دعاءنا كما تقبلت دعاء نبيك و رسولك سيدنا محمد صلى الله عليه و آله و سلم، اللهم احفظ الولد الذي أَخْرَجَكَ مِنْ عَالَمِ الظَّلاَمِ إِلَى عَالَمِ النُّوْرِ وَ اجْعَلْهُ صَحِيْحًا كَامِلاً عَاقِلاً لَطِيْفَا، اللَّهُمَّ اجْعَلْهُ شَهِيْدًا وَ مُبَارَكًا و َعَالِمًا وَ حَافِظًا مِنْ كَلاَمِكَ اْلمَكْنُوْنِ وَكِتَابِكَ الْمَحْفُوْظِ، اللّهُمَّ طَوِّلْ عُمْرَهُ وَ صَحِّحْ جَسَدَهُ وَأَفْصِحْهُ لِقِرَاءَةِ اْلقُرْآنِ اللَّهُمَّ اجْعَلْهُ صَبْرًا مِنَ اْلمَرَضِ وَ اْلأَسْقَامِ وَالْعَطَشِ بِبَرْكَةِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلهِ وَ سَلَّمَ وَ جَمِيْعِ اْلأَنْبِيَاءِ وَ اْلمُرْسَلِيْنَ وَ اْلمَلاَئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ، إِنَّ اللهَ وَ مَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيْ يَآ أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمَا، وَآخِرُ دَعْوَانَا أَنِ اْلحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ.آمين

Do'a dari Al Habib Ahmad bin Hasan Al Athos

Dalam kitab tadzkirun nas agar tidak terjadi keguguran saat hamil hingga sampai masa melahirkan insyaallah, maka dianjurkan bagi wanita hamil untuk meletakkan tangannya di atas perutnya sambil membaca yaa hasiib 7 kali disetiap habis sholat wajib 5 waktu :

يا حسيب x٧

Dan adapun do'a untuk mempermudah proses melahirkan sebagaimana yang telah dijelaskan dalam kitab al-adzkar dari hadist Rasulullah SAW dan diamalkan oleh para salafussholeh, yaitu terlebih dahulu membaca ayat kursi :

اللهُ لآَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ، لاَ تَأْخُذُهُ سِنَةٌ و َلاَ نَوْمُُ، لَّهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَ مَا فِي اْلأَرْضِ، مَن ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِندَهُ إِلاَّ بِإِذْنِهِ، يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَ مَاخَلْفَهُمْ و َلاَ يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهِ إِلاَّ بِمَا شَآءَ، وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَ اْلأَرْضَ، و َلاَ يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا و َهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيم.

Lalu bacalah ayat yang ada dibawah ini sebanyak 3 kali:

إِنَّ رَبَّكُمُ اللهُ الَّذِيْ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ و الأرض في ستة أيام ثم استوى على العرش. يغشي الليل و النهار يطلبه حثيثا و الشمس و القمر و النجوم مسخرات بأمره. الا له الخلق و الأمر. تبارك الله رب العالمين x٣

Kemudian baca surat al-ikhlas dan mu'awwidzatain dan al-fatihah :

بسم الله الرحمن الرحيم
قل هو الله أحد، الله الصمد، لم يلد و لم يولد، و لم يَكُـنْ لَهُ كُفُـوًا أَحَـدٌ.

بِسْم اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ
قُلْ أَعُوْذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ، مِنْ شَرِّ ماَ خَلَقَ، و َمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ، و َمِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ، و َمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَد.

بِسْم اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ
قُلْ أَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِ، مَلِكِ النَّاسِ، إِلَهِ النَّاسِ، مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ، الذي يوسوس في صدور الناس، من الجنة و الناس.

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين، الرحمن الرحيم، مالك يوم الدين، إياك نعبد و إياك نستعين، اهدنا الصراط المستقيم، صراط الذين أنعمت عليهم غير المغضوب عليهم و لا الضآلين. آمين

Kemudian perbanyaklah do'a alkarb :

لا إله إلا الله اْلعَظَيم الحليمِْ، لا إله إلا الله رب العرش العظيم، لاَاِلَهَ اِلاَّاللهُ رَبُّ السَّمَاوَاتِ السَّبْعِ وَ الأَرَضِيْنَ السَّبْعِ وَ رَبُّ اْلعَرْشِ اْلكَرِيْمِ.

Bagi suami dianjurkan untuk memperbanyak bacaan do'a seperti yang ada dibawah ini ketika suami telah melihat istrinya sudah mengalami tanda-tanda akan melahirkan :

حنا ولدت مريم، مريم ولدت عيسى أخرج أيها المولود بإذن الملك المعبود.

Setelah bayi lahir, maka lakukanlah sebagaimana yang dilakukan oleh Rasulullah SAW, yaitu adzan di telinga kanan dan iqomah di telinga kiri dan kemudian membaca surat al ikhlas :

بِسْم اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ.
قُل ْهُوَ اللهُ أَحَـدٌ. اَللهُ الصَّمَـدُ. لَمْ يَلِـدْ وَلَمْ يوْلَـدْ. وَلَمْ يَكُـنْ لَهُ كُفُـوًا أَحَـدٌ.

Dan diantara amalan salafuna sholeh, tangan diatas kepala anak kecil atau masih bayi kemudian membacakan surat Al Qodar 3x :

بسم الله الرحمن الرحيم
إنا أنزلنه في ليلة القدر، و مآ أدرىك ما ليلة القدر، ليلة القدر خير من ألف شهر، تنزل الملائكة و الروح فيها بإذن ربهم من كل أمر، سلام هي حتى مطلع الفجر.

Kemudian membaca surat alam nasyroh dan tangan di dada bayi atau anak kecil :

بسم الله الرحمن الرحيم
ألم نشرح لك صدرك، و وضعنا عنك وزرك، الذي أنقض ظهرك، و رفعنا لك ذكرك، فإن مع العسر يسرا، إن مع العسر يسرا، فإذا فرغت فانصب، و إلى ربك فارغب.

Di dalam kitab ALFAWAIDUL MUKHTAR oleh HABIB ZEIN BIN SUMAITH

Dinukil dari amalan salaf, dianjurkan agar para orang tua memegang kepala anaknya sambil membaca do'a berikut ini :

الشهيد الشهيد x٧ البار البار x٧

Dan telah dijelaskan dalam nasehat dari Al Habib Aly bin Muhammad Al Habsyi tentang amalan di atas, insyaallah kelak ketika anak itu sudah dewasa akan menjadi anak/orang yang sholeh dan sholehah sesuai apa yang diharapkan orang tuanya.

Ada sebagian amalan ketika bayi baru lahir yaitu dengan menulis dikening di hari kelahiran bayi kalimat basmalah بسم الله الرحمن الرحيم , kemudian hari berikutnya ditulis huruf-huruf hijaiyah begitu seterusnya di setiap harinya sampai selesai dari huruf-huruf tersebut, setelah itu tulislah asma'ul husna ditiap harinya dari kalimat Allah sampai Asshobur.

Namun jika perilaku dan sikap anak-anak anda tidak sesuai dengan tabiat anda yaitu tidak berbudi pekerti yang baik, maka do'akanlah mereka dengan do'a berikut ini:

اللهم بارك لي في أولادي، و احفظهم و لا تضرهم، و ارزقني برهم.

Disamping mereka para salafussholeh menekankan pendidikan agama dan keteladanan akhlak yang terpuji untuk anak-anak dan keluarga dirumah mereka, dahulu kaum salafussholeh mendidik anak-anak mereka agar percaya penuh kepada Allah SWT dan mengagungkan serta menaati segala perintah-perintahNya sejak mereka masih kecil, dan juga menjauhi apa yang dilarangNya. Orang maghrabi menyuruh kaum ibu yang sedang menyusui anak-anaknya untuk berdzikir kepada Allah sembari memberikan air susu kepada anaknya (sebagaimana disebutkan oleh Al Habib Aly bin Muhammad Al Habsyi).

Sesungguhnya perempuaan yang sedang hamil memperoleh pahala seperti pahalanya orang yang sedang berpuasa sambil perang di jalan Allah. Maka berjuanglah dengan kepercayaan penuh kepada Allah SWT bahwa Allah akan memberikan yang terbaik bagi anda dan keluarga anda serta anak-anak anda.

Itulah beberapa amalan yang bisa anda amalkan jika ingin hamil, hamilnya tidak keguguran, bisa lahir selamat, dan anaknya menjadi anak yang sholeh sholehah. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua, dan semoga kita diberikan keturunan yang sholeh dan sholehah. Bukan hanya anak-anak kita saja, tapi juga anak dari anak kita, cucu-cucu kita, dan seterusnya. Aminn aminn ya Robbal alamin.

Sumber :
almuhibbin.com
Alhabib Quraisy Baharun

Baca juga: Amalan agar mendapatkan Rizqi yang Barokah (Syaikhona KH. Maemon Zubair Sarang)


0 komentar