12 Amalan Agar Kita Didoakan oleh Malaikat

12 Amalan Agar Kita Didoakan oleh Malaikat
12 Amalan Agar Kita Didoakan oleh Malaikat

Pintuislami.com - Amalan agar didoakan malaikat. Siapa yang ingin didoakan malaikat? Tentu kita semua ingin agar didoakan oleh para malaikat, baik saat sedang beraktivitas maupun saat sedang tidur, baik saat masih hidup maupun sesudah meninggal. Sebab, do'a malaikat itu sangatlah penting bagi semua umat muslim. Beruntunglah mereka yang telah didoakan oleh malaikat karena kebaikan mereka. Karena do'a malaikat pasti akan selalu dikabulkan. 

Namun yang perlu kita ketahui adalah, malaikat akan mendoakan para hamba Allah yang diridhaiNya. Sebagaimana dalil Allah SWT sebagai berikut:


(26). وَقَالُوا اتَّخَذَ الرَّحْمَٰنُ وَلَدًا ۗسُبْحَانَهُ ۚبَلْ عِبَادٌ مُكْرَمُونَ
(27). لَا يَسْبِقُونَهُ بِالْقَوْلِ وَهُمْ بِأَمْرِهِ يَعْمَلُونَ
(28). يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يَشْفَعُونَ إِلَّا لِمَنِ ارْتَضَىٰ وَهُمْ مِنْ خَشْيَتِهِ مُشْفِقُونَ
Artinya:
"Sebenarnya (malaikat - malaikat itu) adalah hamba - hamba yang DIMULIAKAN, mereka tidak mendahului-Nya dengan perkataan dan mereka mengerjakan perintah - perintah-Nya.  Allah mengetahui segala sesuatu yang dihadapan mereka dan yang dibelakang mereka, dan mereka tidak memberikan SYAFA'AT melainkan kepada orang - orang yang diridhai Allah, dan mereka selalu berhati - hati karena takut kepada-Nya" (QS Al Anbiyaa' 26-28).

Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwasanya malaikat akan mendoakan dan memberikan syafa'at kepada orang yang memang benar-benar diridhai oleh Allah. Karena malaikat tidak akan pernah mendahului Allah. Sebelum Allah meridhai orang tersebut, maka malaikat tidak akan mendoakan orang tersebut. Itu berarti, bagaimana caranya kita agar mendapatkan ridho dari Allah. Yaitu dengan melakukan perintaNya dan menjauhi segala laranganNya.

Rasulallah sallallahu 'alaihi wasallam bersabda: 

وعن أَبي هريرة رضي الله عنه، قَالَ: قَالَ رسول الله صلى الله عليه وسلم: ((مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ العِبَادُ فِيهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزلانِ، فَيَقُولُ أحَدُهُمَا: اللَّهُمَّ أعْطِ مُنْفِقاً خَلَفاً ، وَيَقُولُ الآخَرُ: اللَّهُمَّ أعْطِ مُمْسِكاً تَلَفاً)). متفقٌ عَلَيْهِ
Artinya:
Dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda:"Tidaklah seorang hamba berada di waktu pagi melainkan saat itu turun dua malaikat, salah satunya berkata "Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfaq", dan malaikat lainnya berkata "Ya Allah, berilah kerugian bagi orang yang kikir"" (HR. Bukhori dan Muslim).

Dari hadits diatas menjelaskan bahwa, orang yang dermawan, yang suka memberi, yang suka berinfaq, maka akan malaikat akan mendoakan kepadanya agar hartanya dilipatgandakan, agar hartanya ditambah, agar kekayaannya menjadi lebih berkah, dan doa kebaikan lainnya.

Begitu sebaliknya, bagi orang yang pelit, kikir, tidak mau berbagi atau tidak mau memberi, maka malaikat akan mendoakan dirinya agar hartanya diambil, agar datang kerusakan atau keburukan untuknya, agar hartanya tidak memberikan keberkahan, dan doa kejelekan lainnya. Sebab, kikir atau pelit itu adalah suatu perbuatan yang hanya akan mendatangkan keburukan bagi diri sendiri maupun orang lain.

Itulah salah satu hadits yang menerangkan bahwa kita bisa mendapatkan do'a dari malaikat, yaitu dengan melakukan amalan-amalan. Jika kita melakukan amalan baik, maka kita akan mendapatkan doa kebaikan dari para malaikat, akan tetapi jika kita melakukan amalan kejelekan maka akan mendapatkan doa kejelekan atau keburukan dari para malaikat. 

Lalu, amalan kebaikan seperti apa saja yang bisa mendatangkan para malaikat untuk mendoakan kita? Berikut ini 12 amalan yang bisa kita lakukan agar para malaikan mendoakan kita:

Amalan agar Didoakan Malaikat

1. Duduk menunggu shalat

Imam Muslim meriwayatkan sebuah hadits dari Abu Hurairah ra., Bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Tidaklah salah seorang diantara kalian yang duduk menunggu shalat selama ia berada dalam keadaan suci, kecuali para malaikat akan mendoakannya 'Ya Allah, ampunilah ia.  Ya Allah sayangilah ia'" (HR. Imam Muslim).

Dari hadits di atas menjelaskan bahwa malaikat akan mendoakan kebaikan kepada siapapun yang mau duduk menunggu shalat dalam keadaan suci. Bisa di artikan bahwa, ketika adzan telah dikumandangkan, kita lalu bergegas mengambil air wudhu untuk mensucikan diri, setelah adzan selesai lalu kita menunggu dengan membaca dzikir atau pujian sampai iqomah dikumandangkan. Di waktu kita menunggu dalam keadaan suci itulah malaikat akan mendoakan kita agar Allah mengampuni dosa kita dan agar Allah menyayangi kita.

2. Berada di shaf bagian depan dalam shalat

Imam Abu Dawud (dan Ibnu Khuzaimah) dari Barra' bin 'Azib ra., bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada (orang-orang) yang berada pada shaf-shaf terdepan". (Hadits ini dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahih Sunan Abi Dawud I/130).

Selain duduk menunggu shalat, agar kita bisa didoakan oleh malaikat adalah dengan berada di shaf terdepan atau bagian depan saat shalat berjama'ah. Shaf paling depan atau paling dekat dengan imam adalah shaf atau barisan yang paling diutamakan. Itu artinya Allah dan Malaikat akan lebih menyukai orang yang shalat berjama'ah dengan menempati shaf terdepan.

3. Menyambung shaf (tidak memberikan kekosongan dalam shaf)

Dalam sebuah hadits yang dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahih At-Targhib wat Tarhib I/272 diriwayatkan oleh para imam-imam besar sebagai berikut:
Dari Aisyah ra., bahwa Rasulallah SAW bersabda: "Sesungguhnya Allah dan para Malaikat selalu beshalawat kepada orang-orang yang menyambung shaf-sahf". (HR. Imam Ahmad, Ibnu Majah, Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban, dan Al-Hakim).

Sebelum kita melaksanakan shalat berjama'ah, Imam shalat selalu mengingatkan agar merapatkan shaf barisan shalat. Hal ini dimaksudkan agar syaitan tidak bisa masuk kedalam barisan. Selain itu, merapatkan barisan shaf atau menyambung shaf dan tidak membiarkan adanya kekosongan dalam shaf juga disukai oleh Allah dan para MalaikatNya. Malaikat akan mendoakan kebaikan untuk orang yang shalatnya mau menyambung shaf atau merapatkan shaf barisan.

4. Mengucapkan 'Amin' bersamaan dengan para Malaikat saat sholat

Imam Bukhari meriwayatkan sebuah hadits dari Abu Hurairah ra., Rasulullah SAW bersabda, "Jika Imam melantunkan bacaan 'Ghairil maghdhuubi 'alaihim waladh dhaalim', maka ucapkanlah 'aamiin'. Sebab, barang siapa yang mengucapkannya bertepatan dengan ucapan Malaikat, maka ia akan diampuni dosanya yang masa lalu" (Shahih Bukhari no. 782).

Dari hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari tersebut dijelaskan bahwa tepat setelah Imam shalat membaca GHAIRIL MAGHDHUUBI 'ALAIHIM WALADH DHAALIM, maka kita disuruh untuk mengucapkan AAMIIN. Ucapkanlah tepat setelah Imam selesai membaca ayat tersebut. Sebab malaikat juga mengucapkan AAMIIN di waktu itu. Jika kita bisa berbarengan atau bisa mengucapkan bersama'an dengan malaikat, kita akan mendapatkan pengampunan dosa yang telah berlalu.

5. Duduk di tempat shalatnya saat setelah shalat

Imam Ahmad juga meriwayatkan hadits dari Abu Hurairah ra., bahwa Rasulullah bersabda, "Para malaikat akan selalu bershalawat kepada salah satu diantara kalian yang selama ia ada di dalam tempat shalat dimana ia melakukan shalat, selama ia belum batal wudhunya, (para malaikat) berkata, 'Ya Allah ampunilah dan sayangilah ia'" (Hadits ini dishahihkan oleh Syaikh Ahmad Syakir dalam Al Musnad no. 8106).

Setelah kita melaksanakan shalat, baik itu berjama'ah atau shalat sendiri di rumah, kita perlu duduk sejenak di tempat kita melaksanakan shalat tersebut. Jadi, jangan langsung pergi setelah shalat selesai. Lalu apa yang harus dilakukan? Yaitu berdzikir. Berdzikirlah dengan khusyu' setelah selesai shalat dengan menjaga wudhu. Sebab, selama kita duduk dan berdzikir setelah shalat tersebut, malaikat akan mendoakan kebaikan untuk kita. Malaikat akan berdoa agar Allah mengampuni dosa kita dan menyayangi kita.

6. Melakukan shalat subuh dan 'ashar berjama'ah

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dari Abu Hurairah ra., bahwa Rasulullah SAW bersabda "Para malaikat berkumpul saat shalat shubuh lalu malaikat (yang menyertai hamba) pada malam hari (yang sudah bertugas malam hari hingga shubuh) naik (ke langit), dan malaikat pada siang hari tetap tinggal.  Kemudian mereka berkumpul lagi pada waktu shalat 'ashar dan malaikat yang ditugaskan siang hari (hingga shalat 'ashar) naik (ke langit) sedangkan malaikat yang bertugas pada malam hari tetap tinggal, lalu Allah bertanya kepada mereka, 'Bagaimana kalian meninggalkan hambaku?', mereka menjawab, 'Kami datang sedangkan mereka sedang melakukan shalat dan kami tinggalkan mereka sedangkan mereka sedang melakukan shalat, maka ampunilah mereka pada hari kiamat'". (Hadits ini dishahihkan oleh Syaikh Ahmad Syakir dalam Al-Musnad no. 9140).

Lakukanlah shalat subuh dan shalat 'ashar berjama'ah. Hal ini akan mendatangkan kebaikan bagi kita. Bahkan para malaikat mendoakan agar dosa-dosa kita bisa diampuni dan agar kita diselamatkan kelak di hari kiamat. Merupakan suatu kebahagiaan bagi kita dan bersyukurlah masih bisa shalat subuh dan 'ashar berjama'ah. Sebenarnya tidak hanya shalat subuh dan 'ashar saja, melainkan shalat 5 waktu sebaiknya dilakukan secara berjama'ah. Hal ini akan mendatangkan malaikat yang akan mendoakan kebaikan untuk kita.

7. Mendoakan saudaranya tanpa sepengetahuan yang didoakan

Diriwayatkan sebuah hadits oleh Imam Muslim dari Ummud Darda' ra., bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Doa seorang muslim untuk saudaranya yang dilakukan tanpa sepengetahuan orang yang didoakannya adalah doa yang akan dikabulkan. Pada kepalanya ada seorang malaikat yang menjadi wakil baginya, setiap kali dia berdoa untuk saudaranya dengan sebuah kebaikan, maka malaikat tersebut berkata 'aamiin dan engkaupun akan mendapatkan apa yang ia dapatkan'". (Shahih Muslim no 2733).

Hadits tersebut menjelaskan bahwa kita dianjurkan untuk selalu mendoakan keluarga, tetangga, teman, sahabat, dan orang lain, namun do'a yang kali ini adalah do'a yang dilakukan tanpa sepengetahuan mereka semua (mereka yang kita doakan). Doakanlah mereka semua dengan doa yang terbaik, doakan setelah shalat 5 waktu, doakan di waktu setelah shalat malam, doakan di sela waktu adzan dan iqomah, dan doakanlah mereka semua kapan saja. Doakanlah mereka tanpa sepengetahuan mereka. Dengan demikian, maka malaikat juga akan ikut meng-AMIN-ni doa kita. Setelah malaikat mengamini doa kita untuk orang lain, malaikat juga akan mendoakan kita dengan doa "semoga kamu juga mendapatkan seperti apa yang kamu doakan untuk dirinya/mereka".

8. Mengajarkan kebaikan kepada orang lain

Imam Tirmidzi juga meriwayatkan sebuah hadits dari Abu Umamah Al Bahily ra. bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Keutamaan seorang alim atas seorang ahli ibadah bagaikan keutamaanku atas seorang yang paling rendah diantara kalian.  Sesungguhnya penghuni langit dan bumi, bahkan semut yang di dalam lubangnya dan bahkan ikan, semuanya bershalawat kepada orang yang mengajarkan kebaikan kepada orang lain". (Dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Kitab Shahih At Tirmidzi II/343).

Barang siapa mengajarkan kebaikan, maka dirinya juga akan mendapatkan kebaikan. Dan barang siapa mengajarkan kejelekan atau keburukan, maka dirinya akan mendapatkan kejelekan atau keburukan tersebut. Allah dan semua makhlukNya termasuk malaikat tidak menyukai orang yang mengajarkan kejelekan kepada orang lain. Maka dari itu, lakukanlah dan ajarkanlah kebaikan kepada orang lain dengan keikhlasan dan kesabaran, niscaya Allah dan semua makhlukNya akan merasa senang dan malaikat pun akan mendoakan kebaikan untuk kita yang mau mengajarkan kebaikan kepada orang lain.

9. Berinfaq

Sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim dari Abu Hurairah ra. yang berbunyi, bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Tidaklah seorang hamba berada di waktu pagi melainkan saat itu turun dua malaikat, salah satunya berkata 'Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfaq', dan malaikat lainnya berkata 'Ya Allah, berilah kerugian bagi orang yang kikir'". (Shahih Bukhari no. 1442 dan Shahih Muslim no. 1010).

Hadits diatas telah dijelaskan pada kalimat pembuka diatas, bahwasanya siapapun yang suka menginfaqkan hartanya, maka orang tersebut akan didoakan oleh para malaikat dengan doa kebaikan. Begitu juga sebaliknya, siapapun yang tidak suak menginfaqkan hartanya atau pelit atau kikir, maka malaikat akan mendoakan kejelekan untuk orang tersebut.

10. Menjenguk orang sakit

Imam Ahmad meriwayatkan sebuah hadits dari Sayyidina 'Ali bin Abi Thalib ra., bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Tidaklah seorang mukmin menjenguk saudaranya kecuali Allah akan mengutus 70.000 malaikat untuknya yang akan bershalawat kepadanya di waktu siang kapan saja hingga sore dan di waktu malam kapan saja hingga shubuh". (Dishahihkan oleh Syaikh Ahmad Syakir dalam Al Musnad 754).

Dari hadits diatas menjelaskan bahwa kita dianjurkan untuk menjenguk orang yang sedang sakit. Barang siapa yang mau menjenguk orang sakit, maka Allah pun akan mengutus 70.000 malaikat untuk mendoakan orang tersebut (orang yang menjenguk). Jenguklah orang yang sedang sakit, baik itu tetangga, teman, keluarga, atau orang yang kita kenal meskipun itu berbeda agama. Bahkan Nabi pernah memberi contoh bahwa Nabi pernah menjenguk orang yahudi/nasrani yang sedang sakit. Hal itu bisa kita jadikan contoh baik bahwasanya kita sesama manusia harus saling mengasihi.

11. Makan sahur untuk berpuasa

Imam Ibnu Hibban dan Imam Ath-Thabrani meriwayatkan sebuah hadits dari Abdullah bin Umar ra., bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada orang-orang yang makan sahur". (hadits ini dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahih At Targhiib wat Tarhiib I/519).

Bagi siapapun yang berniat keesokan harinya ingin berpuasa, dan di malam hari ia makan untuk sahur, maka malaikat akan mendoakan yang terbaik untuk orang tersebut. Sudah jelas bahwasanya kita dianjurkan untuk makan sahur jika keesokan harinya berniat ingin berpuasa.

12. Tidur dalam keadaan suci

Sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ibnu Hibban dari Abdullah bin Umar ra., bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya.  Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa 'Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena tidur dalam keadaan suci'". (Hadits ini dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahih At-Targhib wat Tarhib I/37).

Dalam hadits tersebut dijelaskan bahwa siapapun yang tidur dalam keadaan suci (wudhunya tidak batal), maka malaikat akan melindungi tidurnya orang tersebut. Dan malaikat pun akan mendoakan kepada orang tersebut agar Allah mengampuni dosa-dosanya.

Kesimpulan:

Dari banyaknya amalan tersebut, didapatkan kesimpulan bahwasanya Malaikat pasti akan mendoakan kebaikan untuk kita semua jikalau kita mau berbuat baik kepada orang lain dan mau menjalankan perintah serta menjauhi larangan Allah. Begitu sebaliknya, malaikat akan mendoakan kejelekan untuk siapapun yang berbuat buruk atau mengingkari perintah Allah. Oleh sebab itu, berbuatlah baik kepada siapapun agar malaikat mau mendoakan kita. Kita tahu bahwa doa para malaikat pasti akan dikabulkan. Berbuatlah baik kepada siapapun dengan keikhlasan hati.

Iatulah 12 amalan yang bisa kita amalkan agar kita mendapat doa kebaikan dari para malaikat. Semoga postingan ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih sudah mau membaca, dan terima kasih sudah mau berkunjung.

Baca juga: Bolehkah wanita haidh membaca yasin saat tahlil?


0 komentar