Keutamaan Bismillah

Lubabul Hadits - Keutamaan Bismillah
Lubabul Hadits - Keutamaan Bismillah

Lubabul Hadits - Keutamaan Bismillah. Kata basmalah atau bismillah pada umunya memiliki arti "Dengan menyebut nama Allah" dan biasanya dibaca atau diucapkan sebelum melakukan sesuatu dalam hal kebaikan. Banyak hadits yang menjelaskan tentang keutamaan bismillah dan keutamaan membaca bismillah sebelum melakukan pekerjaan, apapun itu asal bukan yang menuju keburukan.

Ada yang bertanya, mengapa bismillah diawali dengan huruf 'ba'? Kalima bismillah yang diawali dengan huruf ba ini merupakan permulaan huruf yang diucapkan ketika berada di alam arwah. Yaitu ketika para arwah ditanya, "Apakah Aku (Allah) adalah Tuhanmu?". Lalu kemudian dijawab oleh mereka, "Balaa (بَلَى)" yang artinya "Iya betul". Kata tersebut diawali dengan huruf 'ba'.

Dalam kitab Tafsir Ma'ruf Qur'an, Mufti Shafi Utsman R.A memberikan analisan secara bahasa mengenai makna bismillah. Yaitu ada 3 suku kata yaitu Ba, Ism, dan Allah. 
Kata ba memiliki arti:
  • Mengekspresikan kedekatan antara dua benda yang satu dengan lainnya yang tanpa adanya jarak.
  • Mencari pertolongan dari seseorang atau sesuatu.
  • Mencari berkah dari seseorang atau sesuatu.
Sedangkan ism memiliki arti yang sederhana, yaitu NAMA.
Dan Allah merupakan gabungan dari kata Al dan Ilah. Al memiliki arti sesuatu yang khusus. Sedangkan Ilah memiliki arti sesuatu yang pantut disembah. Dan kata Allah memiliki bentuk tunggal yang tidak mempunyai bentuk dua atau jama', hal itu menunjukkan serta menguatkan ke-Esaan Allah.

Ada banyak keutamaan yang terdapat pada kalimat Bismillah. Bahkan dari sebuah hadits menyebutkan bahwa 'Al-Qur'an itu diringkas dalam surat Al-Fatihah, Al-Fatihah diringkas dalam kalimat Bismillah, dan Bismillah diringkas lagi dalam huruf Ba'. Ini menunjukkan bahwa begitu besarnya keutamaan bismillah. Berikut ini beberapa hadits yang menjelaskan tentang keutamaan bismillah yang diambil dari kitab Lubabul Hadits.

1. Keutamaan Bismillah yang dapat menghancurkan setan

Lubabul Hadits - Keutamaan Bismillah
Nabi Muhammad SAW bersabda, "Tiadalah dari seorang hamba yang mengucapkan BISMILLAAHIRRAHMAANIRRAHIIM, kecuali hancurlah setan seperti memuainya timah di atas api."

Dari hadits diatas dijelaskan bahwa Allah akan menghancurkan setan seperti memuainya timah diatas api ketika ada orang yang membaca Bismillah. Oleh sebab itu kita dianjurkan membaca bismillah kapanpun dan dimanapun agar tidak diganggu oleh setan.

2. Keutamaan Bismillah mendapat 400 pahala kebaikan

Lubabul Hadits - Keutamaan Bismillah
Nabi Muhammad SAW bersabda, "Tiadalah dari seorang hamba yang mengucapkan BISMILLAAHIRRAHMAANIRRAHIIM, kecuali Allah menyuruh Malaikat pencatat agar menulis pada kertasnya empat ratus kebaikan."

Allah akan menyuruh malaikat untuk menuliskan kebaikan sebanyak 400. Ya, 400 kebaikan itu akan ditulis di kertas catatan oleh malaikat untuk orang yang mau mengucapkan bismillah. Bagi kita, kebaikan sebanyak itu mungkin akan sulit untuk kita lakukan, tapi dengan mengucapkan kalimat bismillah, kita bisa mendapatkan catatan kebaikan sebanyak itu dengan mudah.

3. Mengucap bismillah 1x, tidak akan tersisa dosa seberat atompun

Lubabul Hadits - Keutamaan Bismillah
Nabi Muhammad SAW bersabda, "Barang siapa mengucapkan BISMILLAAHIRRAHMAANIRRAHIM satu kali, maka tak tersisa seberat atompun dari dosanya."

Allah akan menghapuskan dosa orang islam siapapun yang mau mengucapkan bismillah satu kali. Bahkan dosa yang dihapuskan pun sampai benar-benar bersih, tidak tersisa seberat atompun dari dosanya. Tapi ingat, bukan berarti kita boleh menyepelekan dosa setelah membaca bismillah.

4. Menulis bismillah dan memperindahnya akan diampuni dosa yang telah lewat dan yang akan datang

Lubabul Hadits - Keutamaan Bismillah
Nabi Muhammad SAW bersabda, "Barang siapa menulis BISMILLAAHIRRAHMAANIRRAHIM, lalu memperindah karena mengagungkan Allah maka diampunilah dosanya yang telah lewat dan yang akan datang."

Bagi siapapun yang menulis bismillahirrahmaanirrahiim disuatu media, lalu memperindahnya karena dirinya mengagungkan Allah, maka akan diampuni dosa orang yang menulis dan memperindah tersebut. Dosa yang yang telah lewat dan yang akan datang akan dihapus oleh Allah.

5. Panjangkanlah lafadz ARRAHMAN pada tulisan bismillah

Lubabul Hadits - Keutamaan Bismillah
Nabi Muhammad SAW bersabda, "Apabila salah seorang dari kalian menulis BISMILLAAHIRRAHMAANIRRAHIIM, maka hendaklah ia panjangkan lafadz ARRAHMAN"

Siapapun yang menulis Bismillahirrahmanirrahim, maka hendaklah memanjangkan tulisan lafadz Arrahman. Dan siapapun yang membaca bismillah, maka hendaklah memanjangkan lafadz arrahmaan.

6. Allah menghiasi Al-Qur'an dengan bacaan bismillah

Lubabul Hadits - Keutamaan Bismillah
Nabi Muhammad SAW bersabda, "Sesungguhnya Allah menghiasi langit dengan beberapa planet, menghiasi Malaikat dengan Malaikat Jibril, menghiasi surga dengan bidadari dan istana-istana, menghiasi Nabi-nabi dengan Nabi Muhammad SAW, menghiasi  hari-hari dengan hari jum'at, menghiasi malam dengan malam lailatul Qadar, menghiasi bulan-bulan dengan bulan Ramadhan, menghiasi maski-masjid dengan Ka'bah, menghiasi kitab-kitab dengan kitab Al-Qur'an, dan menghiasi Al-Qur'an dengan BISMILLAAHIRRAHMAANIRRAHIIM."

Bismillah adalah satu-satunya kalimat yang paling diagungkan dalam Al-Qur'an. Bahkan dalam hadits tersebut, Allah menghiasi Al-Qur'an dengan bacaan BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM. Begitu indahnya bacaan tersebut hingga dijadikan penghias kitab suci Al-Qur'an.

7. Mengucap bismillah akan terbebas dari kufur dan nifaq

Lubabul Hadits - Keutamaan Bismillah
Nabi Muhammad SAW bersabda, "Barang siapa mengucapkan BISMILLAAHIRRAHMAANIRRAHIIM, maka ditulis namanya termasuk orang-orang yang benar, terbebas dari kufur dan nifaq."

Barang siapa membaca atau mengucapkan bismillah, maka Allah akan mencatat orang tersebut masuk dalam golongan orang-orang yang benar dan terbebas dari kufur dan nifaq. Tapi harus tetap ingat, jangan hanya memandang hadits ini saja. Sebab orang bisa saja menjadi kufur jika mereka melakukan suatu hal yang dilarang Allah meskipun dirinya mengucap bismillah.

8. Allah mengampuni dosa yang telah lewat

Lubabul Hadits - Keutamaan Bismillah
Nabi Muhammad SAW bersabda, "Barang siapa mengucapkan BISMILLAHIRRAHMAANIRRAHIM maka Allah mengampuni dosanya yang telah lewat"

Dalam hadits tersebut terdapat janji Allah kepada siapapun yang mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim dengan penuh keikhlasan karena Allah, maka Allah akan mengampuni dosa orang tersebut, bahkan dosa yang telah lewat sekalipun.

9. Malaikat mencegah mereka yang hendak mengumpat kita

Lubabul Hadits - Keutamaan Bismillah
Nabi Muhammad SAW bersabda, "Jika kalian berdiri maka ucapkanlah BISMILLAHIRRAHMAANIRRAHIIM WA SHALLALLAHU ALA SAYYIDINA MUHAMMADIN WA ALA ALIHI WA SHAHBIHI WA SALLAMA (dengan menyebut nama Allah yang maha Pengasih lagi maha Penyayang. Semoga Allah memberikan kesejahteraan dan kedamaian kepada junjungan kami, Nabi Muhammad juga untuk keluarga dan sahabat-sahabat beliau). Karena sesungguhnya apabila manusia hendak mengumpat kalian maka para Malaikat mencegah mereka dari hal tersebut."

Jika kita mau mengucapkan bismillah seperti bacaan tersebut saat akan berdiri, maka Allah akan menyuruh malaikat untuk mencegah siapapun yang ingin mengumpa kita. Itu menunjukkan bahwa dengan bacaan bismillah kita akan terbebas dari kebiasaan mengumpat dari orang lain.

10. Malaikat mencegah mereka yang mengumpat hingga tidak mengumpat kita

Lubabul Hadits - Keutamaan Bismillah
Nabi Muhammad SAW bersabda, "Jika kalian duduk dalam sebuah majlis maka ucapkanlah BISMILLAAHIRRAHMAANIRRAHIIM WA SHALLALLAHU ALA SAYYIDINA MUHAMMADIN WA ALA ALIHI WA SHAHBIHI WA SALLAMA (dengan menyebut bama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Semoga Allah memberi kesejahteraan dan kedamaian untuk junjungan kami, Nabi Muhammad juga untuk keluarga dan sahabat-sahabat beliau). Maka barang siapa mengerjakan hal itu, Allah menyuruh malaikat untuk mencegah mereka dari mengumpat hingga mereka tidak mengumpat lagi."

Sama halnya poin 10. Allah akan menyuruh malaikat untuk mencegah mereka yang pernah mengumpat kita, untuk tidak mengumpat kita lagi. Itu semua berkat bacaan bismillah yang kita ucap dengan keikhlasan dan ketulusan hati.

Dari sepuluh hadits diatas sudah sangat jelas bahwa begitu banyaknya keutamaan-keutamaan bacaan Bismillah bagi siapapun yang mau mengucapkan ataupun membacanya. Tapi ingat, bacalah dengan penuh keikhlasan dan bukan karena riya' atau sebagainya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Terimakasih telah berkunjung.

Baca juga sebelumnya: Keutamaan La Ilaha Illallah | Lubabul Hadits
Baca juga selanjutnya: Keutamaan Membaca Sholawat | Lubabul Hadits

Referensi:
- Kitab Terjemahan Lubabul Hadits (Syeikh Jalaludin Assuyuthi - M. Khoiron GZ.)
- santrigaul.net


0 komentar